Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII Mts Ma'arif Plampangrejo

Authors

  • Thirza Ayu Nirmala Universitas PGRI Banyuwangi
  • Siti Napisah Universitas PGRI Banyuwangi
  • Ahmad Sulthoni Universitas PGRI Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.60132/jip.v1i3.123

Keywords:

Social Interaction, Simulation Games, Group Guidance

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan di MTs Ma'arif Plampangrejo ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan pendekatan permainan simulasi dapat meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VIII. Dalam penelitian ini, bimbingan kelompok melalui pendekatan permainan simulasi berfungsi sebagai variabel bebas. Interaksi sosial siswa menjadi variabel terikat dalam penelitian ini. Sembilan belas siswa kelas VIII merupakan populasi penelitian. Tujuh siswa termasuk dalam sampel penelitian setelah menyelesaikan kuesioner yang menilai tingkat keterlibatan sosial mereka. Enam pertemuan diadakan untuk melakukan penelitian ini dan memberikan perlakuan. Eksperimen kuantitatif pra-eksperimental digunakan dalam penelitian ini, dan desain penelitian pretest-postest kelompok tunggal diadopsi. Dalam penelitian ini, kuesioner, dokumentasi, dan observasi adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Pengolahan data dengan analisis Paired Test di SPSS 26. Sebagai hasil dari perlakuan, anak-anak dapat bekerja sama, bercanda, dan bergabung dengan kelompok bermain, di antara peningkatan lainnya yang menunjukkan peningkatan kontak sosial, menurut temuan penelitian, dengan demikian, dapat dikatakan bahwa menggunakan pendekatan permainan simulasi untuk meningkatkan kontak sosial efektif

 

References

Andarbeni, S. L., & Christiana, E. (2013). Studi Tentang Tentang Kemampuan Interaksi Sosial Anak Kelompok a Dalam Kegiatan Metode Proyek Di Tk Plus Al-falah Pungging Mojokerto. Jurnal BK Unesa, 4(1), 285–292.

Choiriyah, N. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas VIII di SMP NEGERI 1 Jati Agung Lampung Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Lampung: Skripsi, UIN Raden Intan Lampung.

Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2021). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dalam meningkatkan interaksi sosial siswa kelas x SMA Negeri 1 Lahusa tahun pembelajaran 2020/2021.

Lakstianto, H., & Kumara, A. R. (2022). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Dalam Meningkatkan Hubungan Sosial Siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2, 310–331.

Romlah, T. (2020). Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Lembaga Penerbit Universitas Negeri Malang.

Published

31-10-2023