PENGARUH METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA DIGAKAS TERHADAP GOTONG ROYONG SISWA DALAM BELAJAR PADA MATERI TUMBUHAN SAHABATKU DI KELAS VI SDN 40 KEDONDONG

Authors

  • Rudi Permana SDN 40 Kedondong, Tebas

DOI:

https://doi.org/10.60132/jip.v1i1.6

Keywords:

metode pembelajaran, media pembelajaran, gotong-royong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Diskusi berbantuan Media Digakas dalam meningkatkan gotong royong siswa dalam belajar pada materi tumbuhan sahabatku di kelas 6 SDN 40 Kedondong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumenter. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal-soal pre test dan post test. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SDN 40 Kedondong dengan jumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Uji-t untuk kasus dua sampel berhubungan (Paired Samples t-Test) dengan bantuan software IBM SPSS versi 20, diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sesuai dengan dasar/kriteria pengujian hipotesis dalam uji paired samples T-test bahwa nilai sig. (2-tailed) < 0,05 atau maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Adanya perbedaan yang signifikan ini dapat diartikan bahwa ada pengaruh penggunaan Metode Diskusi berbantuan Media DIGAKAS terhadap gotong royong siswa dalam belajar.

References

Budiono, H. & Subiyantoro, H. (2018). Pembelajaran IPS dalam Membentuk Karakter Gotong Royong, Toleransi, dan Sikap Cinta Tanah Air Siswa. Jurnal Inspirasi, 15(1): 63-71.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2008). Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Pujayanti, T. (2018). Mengajar Sains yang Menyenangkan di dalam Kelas disertai 50 Tips dan Teknik Kreatif. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Rusmiati, N.M. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VI Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1): 36-42.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Suyanto & Djihad, A. (2013). Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Bantul: MULTI PRESSINDO.

Wati, N.L.S. (2019). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil dengan Tehnik Kerjasama dalam Kelompok Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 6 Kesiman Tahun Pelajaran 2016/2017. (Online), (http://repo.mahadewa.ac.id), diakses 21 April 2022.

Downloads

Published

16-04-2023