PENERAPAN SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SDN 1 SUKADANA

Authors

  • Herlinda SDN 1 Sukadana

DOI:

https://doi.org/10.60132/jip.v1i1.7

Keywords:

Supervisi, Kolaboratif, Kinerja

Abstract

Tujuan penelitian untuk mentetahui kinerja dan wawasan guru dalam pembelajaran di SDN 1 Sukadana. Studi dari kegiatan ini berjudul “Memperbaiki Performa Guru dalam Pembelajaran Kelas Melalui Pengawasan Pendidikan Kolaboratif Secara Periodik di SDN 1 Sukadana”. Rumusan masalah penelitian adalah: (1) Apakah dengan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran? (2) Apakah dengan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dapat meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran? (3) Apakah dengan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dapat meningkatkan guru dalam  menilai prestasi belajar siswa? (4) Apakah dengan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dapat meningkatkan guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi  belajar siswa?.

Subjek penelitian adalah supervisor, guru, dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil diskusi diperoleh langkah-langkah pemecahan, yakni: (1) mengadakan workshop singkat tentang pembuatan persiapan pembelajaran, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran di sekolah, (2) melaksanakan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dengan menekankan pada pemberian bantuan untuk perbaikan pembelajaran.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) terdapat peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran, (2) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, (3) Peningkatan kinerja guru dalam menilai prestasi belajar, dan (4) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar siswa.

References

Bazrafkan, L., Yousefy, A., Amini, M., & Yamani, N. (2019). The journey of thesis supervisors from novice to expert : a grounded theory study. 1–12.

Bouchamma, Y. (2007). Evaluating Teaching Personnel . Which Model of Supervision Do Canadian Teachers Prefer ? (2005), 289–308. https://doi.org/10.1007/s11092-007- 9025-8

Depdiknas, 2002. Kurikulum dan HAsil Belajar Kompetensi Dasar. Jakarta: Balitbangdiknas

Depdiknas, 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Djamarah, S. B., dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fajri, E., dan Ratu Aprilia Senja, 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher

J. La Solo, 1983. Pendekatan dan Teknik-teknik Supervisi Klinis. Jakarta: Departemen P dan K, Ditjen Pend. Tinggi (PPLPTK)

Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto, N. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sahertian, P. A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengambangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. 2005. Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Supriadi, D. 2002. Laporan Akhir Tahun Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Artikel. Jakarta: Kompas

Downloads

Published

15-04-2023